Advertisement

Kelebihan dan Kekurangan Top Level Domain


Berikut saya akan memberikan informasi tentang Kelebihan dan Kekurangan Top Level Domain. Bagi anda blogger yang akan membeli Top Level Domain untuk blognya maka wajib melihat artikel berikut ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Top Level Domain

Top Level Domain atau TLD merupakan rujukan kepada huruf-huruf terakhir setelah tanda titik dalam sebuah nama domain. Misalnya www.google.com memiliki domain teratas .com .

Penggunaan domain dibagi menjadi 2 bagian, yang petama ialah TLD (Top Level Domain), dan yang kedua adalah sub domain (Domain bawaan dari paltform blog yang digunakan).

2 TLD Paling Populer

  1. .com
  2. Top Level Domain ini adalah yang paling terkenal dan sering dipakai yaitu .com . Disini memiliki arti commercial sehingga sangat cocok untuk dipergunakan pada website atau blog yang memiliki kepentingan komersil atau perusahaan. Tetapi TLD yang satu ini cocok juga jika dipergunakan untuk website dan blog yang bersifat pribadi.
  3. .net
  4. Merupakan Top Level Domain yang sebenarnya lebih dianjurkan untuk website dan blog yang mempunyai keterkaitan dengan infrastruktur jaringan. Domain yang satu ini merupakan Top Level Domain yang paling sering dipergunakan setelah domain .com .

Kelebihan Menggunakan Top Level Domain

  1. Memberikan Kepuasan Tersendiri
  2. Saat anda menggunakan sub domain bawaan seperti .blogspot.com tentu anda merasa tidak nyaman lantaran sub domain yang dipakai tidak cantik dan membuat anda malas mengelola blog tersebut. Lantaran ketidaksukaan akan sub domain, anda memutuskan untuk membeli sebuah top level domain yang mana membuat anda merasa puas lantaran berhasil mendapatkan domain yang anda suka. Dan akan menguntungkan lagi karena anda akan semakin semangat dalam mengelola blog tersebut, berkat kehadiran top level domain yg telah anda beli.
  3. Membuat Alamat Blog Mudah Diingat
  4. Kelebihan lain menurut penggunaan top level domain yaitu menyingkat alamat blog dan memudahkan pengunjung dalam mengingat nama atau alamat blog anda. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan, lantaran apabila pengunjung bisa dengan mudahnya mengingat nama blog, maka kemungkinan besar mereka akan kembali lagi mengunjungi blog milik anda, tentu dengan catatan konten yang anda sajikan adalah konten yang berkualitas.
  5. Blog Akan Terlihat Profesional
  6. Dengan mengubah sub domain bawaan blog sebagai sebuah top level domain, maka blog yang anda kelola semakin terlihat profesional. Profesionalitas sangat krusial buat untuk rasa percaya bagi para pengunjung blog, tidak sama bila anda memutuskan buat memakai sub domain bawaan saja dengan alasan gratis. Tidak sedikit pengunjung yang akan menganggap blog anda jelek, tidak profesional, dan tidak mempercayai apa yang ada dalam blog tersebut.

Kekurangan Menggunakan Top Level Domain

Menurut saya tidak ada kekurangan menggunakan Top Level Domain, lebih tepatnya kekurangan sesaat saat anda memindahkan Subdomain menjadi TLD yaitu rank blog akan hilang dan visitor atau pengunjung blog anda akan turun dratis sehingga perlu waktu untuk memulihkannya kembali seperti semula.

Jadi jangan ragu untuk mengubah subdomain blog anda menjadi Top Level Domain.
Advertisement
Disclaimer : Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami. Contact

Subscribe to Eliyanto Sarage by Email

Related Post

Related Posts
Disqus Comments